Home / Mesin Skrap / Mekanisme Kerja Mesin Sekrap

Mekanisme Kerja Mesin Sekrap

Prinsip pengerjaan pada mesin sekrap adalah benda yang disayatatau dipotong dalam keadaan diam (dijepit padaragum) kemudianpahat bergerak lurus bolak balik atau maju mundur melakukanpenyayatan (gerak translasi).

Mekanisme yang mengendalikan mesin sekrap ada dua macam yaitumekanik dan hidrolik. Pada mekanisme mekanik digunakan crank mechanism. Pada mekanisme ini roda gigi utama (bull gear) digerakkan oleh sebuah pinionyangdisambung pada poros motor listrik melalui gear box dengan empat,delapan, atau lebih variasi kecepatan. RPM dari roda gigi utama tersebut menjadilangkah per menit (strokes per minute, SPM). Gambar skematik mekanismedengan sistem hidrolik.

Mesin dengan mekanisme sistem hidrolik kecepatansayatnya dapat diukur tanpa bertingkat, tetap sama sepanjang langkahnya. Padatiap saat dari langkah kerja, langkahnya dapat dibalikkan sehingga jika mesinmacet lengannya dapat ditarik kembali. Kerugiannya yaitu penyetelen panjang langkah tidak teliti

Cara penggunaan mesin sekrpa meliputi beberapa tahap, mulai dari menjalankan mesinhingga, melakukan penyekrapan dengan jenis pahat yang digunakan. Berikutlangkah proses sekrap.

  1. Menjalankan mesinBerikut ini langkah-langkah menjalankan mesin:
  2. Lengan digerakkan dengan cara memutar roda pemeriksa untuk melihatkemungkinan tertabraknya lengan.
  3. Menentukan banyak langkah per menit.
  4. Motor mesin dihidupkan. Dengan cara memasukkan tuas kopling mesinmulai bekerja.
  5. Mencoba langkah pemakanan (feeding) dari meja, mulaidari langkah halus sampai langkah kasar. Perhatikan seluruh gerak mesin.
  6. Menghentikan kerja mesin dilakukan dengan cara melepas tuas kopling
  7. kemudian matikan motor.

About admin

Check Also

Mekanisme Kerja Mesin Sekrap

Mekanisme yang mengendalikan mesin sekrap ada dua macam yaitu mekanik dan hidrolik. Pada mekanisme mekanik digunakan …