Home / Mesin Frais / Konstruksi Pemasangan Pisau Frais pada Arbor Pendek

Konstruksi Pemasangan Pisau Frais pada Arbor Pendek

Arbor pendek digunakan untuk memasang pisau frais yang berlubang silindris sedekat mungkin dengan spindel utama. Pisau frais yang dapat di pasang dengan pena frais antara lain frais kepala, frais kepala mantel, dan frais kepala pisau. Arbor pendek (pena frais) dapat digunakan baik untuk mesin frais horisontal maupun vertikal. Keuntungan penggunaan arbor pendek adalah tidak diperlukan penunjang seperti pada penggunaan arbor panjang.

Garis tengah konus, ulir tarik, dan pena memiliki ukuran yang sama. Pena frais jauh lebih pendek dari pada arbor panjang. Ukuran panjangnya antara lain tergantung dari garis tengah pena (NEN 1581). Untuk berbagai ukuran lubang frais dalam pemasangannya dapat dilakukan dengan cukup satu jenis konus.

Dalam pemasangannya pisau frais dijamin dengan dua sistem pasak, yaitu pasak lintang, dan pasak memanjang. Beberapa keuntungan penggunaan pasak melintang antara lain:

  1. pemasangan pasak-pasak melintang mempunyai daya penahan yang lebih baik daripada pasak memanjang
  2. lubang pisau frais dan pena arbor tidak diperlemah oleh adanya alur pasak.

Sekrup pena frais dilengkapi dengan ulir kanan metris. Namun demikian untuk sekrup pena yang lama masih pula terdapat ulir kiri. Oleh karena itu diperlukan kecermatan dalam pemasangannya serta penggunaan kuncikunci yang diperlukan.

About admin

Check Also

Bentuk Gigi Pisau Frais

Berdasarkan dari bentuknya gigi-gigi pisau frais dapat dibedakan menjadi: gigi lurus dan helik, gigi tempel …