Home / artikel / Keuntungan Dan Kelemahan Mesin Bubut CNC

Keuntungan Dan Kelemahan Mesin Bubut CNC

Besar, berat dan kekar. Biasanya empat kali lebih berat dari mesin konvensional (manual) yang setara Motor besar dengan kemampuan “high speed” untuk mengimbangi kemampuan”cutting tools” modern. “Horsepower (HP)” dan Spindle Speed secara umum empat sampai sepuluh kali lebih cepat dari mesin-mesin konvensional”Automatic Tool Change” yang dapat menyimpan delapan sampai ratusan “cutting tools” yang dapat berganti secara cepat dibawah kotrol program High Accuracy”” Resolusi minimum dari kebanyakan mesin adalah 0.001 mm, dan beberapa mesin dapat membuat komponen dengan akurasi setinggi itu, tergantung dari proses yang dilakukan. “Ballscrew” pada prakteknya menghilangkan “backlash(speleng)” di ulir penggerak.

Akurasi dari mesin CNC tergantung dari ke-kekar-an konstruksi mesin tersebut, perhatian dalam proses pembuatannya, dan “ballscrew” yang hamper menghilangkan “backlash” di ulir digunakan untuk menggerakkan bagian-bagianmesin.

Type Mesin Bubut Cnc Dasar Dan Pengembanganya diantaranya Mesin Bubut CNC 2 Axis Bergerak Kiri kanan, depan belakang, Mesin Bubut CNC 3
Axis Bergerak Kiri kanan, depan belakang Bergerak Keatas Kebawah, Mesin Bubut CNC 4 Axis Bergerak Kiri kanan, depan belakang Bergerak Keatas Kebawah, dan berputar Mesin Bubut CNC 5 Axis Bergerak Kiri kanan, depan belakang Bergerak Keatas Kebawah, berputar & miring. Mesin Bubut CNC 5 Axis Multi axis Dapat melakukan semua pekerjaan

Keuntungan Dan Kelemahan Mesin Bubut CNC

Kelebihan:

  1. Mempunyai kemampuan yang tinggi dalam akurasi
  2. pengoperasian lebih fleksibel
  3. Dapat di gunakan untuk memproduksi parts masal
  4. Hasil dari produksi lebih berkualitas
  5. Ongkos pahat dapat ditekan
  6. Benda kerja dapat ditingkatkan dengan melakukan perubahan pada program
  7. Waktu “Setup” lebih mudah
  8. Program dapat dipersiapkan lebih cepat dan dapat “dipanggil” kapan saja
  9. Pembuatan prototype dapat lebih cepat
  10. Kebutuhan operator yang berpengalaman lebih sedikit

Kelemahan:

  1. Peralatan relatif lebih mahal
  2. Dibutuhkan waktu untuk membuat program( Pekerjaan yang sederhana akan menjadi sulit karena harus membuat program dahulu)
  3. Perawatan Spesial dengan tenaga terdidik
  4. Biaya mahal bila terjadi kerusakan

About admin

Check Also

Gerakan sumbu utama pada mesin CNC

Dalam pemogrammman mesin CNC perlu diperhatikan bahwa dalam setiap pemograman menganut, prinsip bahwa sumbu utama …