Home / Element Mesin / Cara Kerja Radiator Cap

Cara Kerja Radiator Cap

Didalam radiator cap terdapat pressure spring, pressure valve dan saluran ke resevoir (Gambar dibawah). Pada saat tekanan mencapai nilai pembukaan relief valve maka air dan udara yang bertekanan akan dibuang atau ditampung bila engine menggunakan reservoir. Proses ini berlangsung untuk mencegah tekanan yang berlebihan pada sistem pendingin

Vacuum valve pada radiator cap berfungsi untuk mencegah terjadinya kevakuman pada sistem pendingin, valve membuka ketika tekanan di sistem lebih rendah 1 Psi dibawah tekanan atmosfer dan membiarkan udara masuk ke dalam sistem atau coolant yang ditampung pada reservoir kembali masuk ke radiator.

Vehicle menggunakan expansion tank (reservoir) yang dihubungkan dengan saluran ventilasi pada bagian kanan dari  Pada saat engine tidak dioperasikan dan sistem pendingin masih dingin maka coolant dari expansion tank akan mengalir ke dalam radiator melalui saluran yang ada pada radiator cap.

Level pengisian coolant harus mencapai level pada filler pipe. Jika sistem pendingin dilengkapi dengan coolant recovery system (expansion tank atau reservoir) untuk pengecekan level coolant dapat dilihat pada recovery container.

About admin

Check Also

Beberapa syarat desain untuk radiator alat berat

Radiator terdiri dari dua buah tanki yang di dalamnya dilengkapi dengan core. Core terdiri dari …