Home / CNC / Bagian-Bagian Utama Mesin CNC

Bagian-Bagian Utama Mesin CNC

Bagian Pengendali/Kontrol
Bagian pengendali/kontrol merupakan bak kontrol mesin CNC yang berisikan tombol-tombol dan saklar serta dilengkapi dengan monitor. Pada
bok control merupakan unsur layanan langsung yang berhubungan dengan operator.

Saklar Layanan Dimensi

Saklar Utama (Main Switch)
Saklar utama adalah pintu masuk aliran listrik ke kontrol pengendali CNC. Cara kerja saklar utama yaitu jika kunci saklar utama diputar ke posisi 1, arus listrik akan masuk ke kontrol CNC. Saklar utama Sebaliknya jika kunci saklar utama diputar kembali ke angka 0, arus listrik yang masuk ke kontrol CNC akan terputus.

Tombol Emergensi
Tombol ini digunakan untuk memutuskan aliran listrik ke mesin, hal ini dilakukan apabila akan terjadi tabrakan akibat kesalahan program.
Cara kerja tombol emergensi adalah: Dengan menekan tombol ini maka akan terputus dan mesin akan mati. Untuk mengaktifkan kembali tombol emergensi, putar kunci saklar utama ke arah posisi 0, kemudian putar tombol emergensi ke kanan selanjutnya kunci saklar utama diputar pada posisi 1 maka aliran listrik akan mengalir kembali.

Saklar operasi mesin (Operating Swicth)
Saklar layanan mesin ini digunakan untuk memutar spindel utama baik secara manual maupun CNC.
Cara pengoperasian saklar:
Saklar diputar pada posisi 1 maka alat potong akan berputar secara manual, apabila saklar diputar pada posisi CNC, maka alat potong akan berputar dan berhenti menurut data program CNC.

Saklar pengatur kecepatan putar spindel utama
Saklar pengatur kecepatan putaran spindel utama berfungsi untuk mengatur kecepatan putar alat potong pada spindel utama, saklar ini dapat berfungsi pada layanan manual dan layanan CNC. Pada mesin milling CNC TU-3A mempunyai kecepatan putar antara 300 – 2000 put/menit.
Cara pengoperasian saklar:
Saklar diputar searah jarum jam maka putaran alat potong pada spindel utama akan berputar semakin cepat hingga mencapai putaran maksimal 2000 put/menit. Sedangkan untuk memperlambat putaran saklar diputar sebaliknya. Pada waktu mengaktifkan saklar ini spindel utama harus dalam posisi berputar dan kecepatan putaran disesuaikan diameter pisau yang dipergunakan.

About admin

Check Also

Pengertian dan Prinsip Kerja CNC

Numerical Control / NC (berarti “kontrol numerik”) merupakan sistem otomatisasi mesin perkakas yang dioperasikan oleh …